Saling Memaafkan dalam Pandangan Islam

Sebagai manusia, pastinya kita tidak luput dari kesalahan. Ada saja tingkah ataupun lisan kita, sengaja ataupun tidak, yang bisa menyakiti hati orang lain. Pun sebaliknya, bisa jadi kita yang merasa tersakiti oleh orang lain. Maka dari itu, kita harus hati-hati dalam bertutur dan bersikap selama berhubungan dengan sesama manusia. Agar terhindar dari perbuatan zhalim yang dibenci oleh Allaah 'azza wajalla.

Lantas.. Bagaimana Islam memandang sikap saling memaafkan antarmanusia, khususnya ummat muslim? Ternyata, Allaah subhanawata'ala telah mengajarkan hamba-Nya untuk saling memaafkan kesalahan orang lain dan tidak menyimpan dendam atas rasa sakit hatinya. Hal ini termuat jelas dalam beberapa ayat al-Qur'aan.

1. Memaafkan adalah salah satu ciri orang yang bertakwa
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabb-mu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali-Imran [3]:133-134)

2. Pembeda dari orang yang bodoh
“Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang maruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.” (QS. Al-A'raf [7]:199)

3. Memaafkan lebih baik dari sedekah
“Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun.” (QS. Al-Baqarah [2]:263)

4. Memaafkan adalah salah satu sifat Allaah
“Jika kamu melahirkan sesuatu kebaikan atau menyembunyikan atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Kuasa.” (QS. An-Nisa [4]:149)

5. Memaafkan adalah suatu keutamaan
“Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan ) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (QS. Asy-Syura [26]:43)

Beberapa firman Allaah tersebut menunjukkan bahwa memaafkan merupakan salah satu bentuk ketaatan seorang hamba kepada Sang Pencipta, yaitu Allaah subhanawata'ala, seraya mencari keridhaan-Nya. Selain itu, memaafkan juga memiliki manfaat yang sangat baik, yaitu menghilangkan rasa sakit dan dendam kepada sesama manusia dari dalam hati sehingga hati menjadi bersih dan dapat memperkuat tali persaudaraan, khususnya antara sesama muslim. Semoga kita diberikan kelapangan hati untuk memaafkan kesalahan orang lain dan diberikan kemampuan untuk tetap berbuat baik kepada orang-orang yang telah menyakiti. Aamiin. Wallaahu'alam.

#RamadhanInspiratif #Challenge #Aksara #Day13


-----------------------------------
Sumbawa, 16 Ramadhan 1438 H
Ummu 'Abdullah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REMINDER #9 TENTANG PUISI GALAU

6 RAHASIA DIBALIK SAKIT